Hikmah Halal Bihalal, Habib Jindan Ajak Umat Islam Terus Sebarkan Salam

By Admin

nusakini.com-- Al-Habib Jindan bin Novel bin Salim, Pengasuh Pondok Pesantren al-Fachriyah, Larangan Tangerang mengajak umat Islam untuk terus menebarkan salam. Ia mengatakan, Rasulullah Muhammad SAW menunjukkan jalan menuju surga. Pertama, jika umat Islam mau masuk surga, maka dia harus beriman kepada Allah SWT. Kedua, seseorang tidak dianggap beriman jika dia tidak saling mencintai antarsesama. 

"Ini memang sulit dan rumit. Karenanya, Rasulullah Muhammad SAW memberi amalan yakni, agar kita saling mencintai dan saling menebarkan salam," kata Habib Jindan saat memberi Tausiyah pada acara Halal Bihalal Idul Fitri 1438 H/2017M Keluarga Besar Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag Thamrin Jakarta, Jum'at (07/07). 

Dikatakan Habib, Assalamu’alaikum mempunyai dua arti. Arti pertama adalah salam itu sendiri. Arti kedua adalah jaminan keselamatan atas orang lain. Jaminan keselamatan dari gangguan pikiran kita, Jaminan keselamatan dari gangguan tangan kita, Jaminan keselamatan dari gangguan hati kita. 

"Pertanyaannya adalah, apakah jaminan keselamatan itu sudah kita lakukan, atau hanya di mulut saja?” tanya Habib. 

“Mari sebarkan salam,” ajak Habib. 

Dalam halal bihalal yang dihadiri Menag Lukman Hakim Saifuddin, pejabat dan pegawai Kemenag, Habib menyampikan, Rasulullah Muhammad SAW diutus Allah SWT adalah untuk menyempunakan akhlak yang mulia. 

“Baginda Rasulullah Muhammad SAW diutus Allah SWT, misi utamanya adalah menyempurnakan akhlak. Innamaa buitstu liutammima makarimal akhlak. Sesunggunnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan/keshalihan akhlak. Di sini jelas, sebagai umatnya, sudah seharusnya kita meniru semaksimal mungkin perilaku beliau,” kata Habib. 

“Rasulullah Muhammad SAW adalah pribadi yang luar biasa. Tampan, lembut, tutur kata sopan. Beliau cinta damai dan mudah memaafkan kesalahan sesama. Karenanya di acara Halal bi Halal ini, mari kita saling menerima, saling memaafkan, saling menghalalkan kesalahan saudara kita," ujar Habib. 

Menag didampingi Sekjen, pejabat, dan Penasehat DWP Kemenag selanjutnya berkeliling menyalami pegawai. (p/ab)